image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ulat Pohon Lengkeng, Bisanya Berasa Panas Nyut-nyut

loading...
Hama Ulat Bulan Daun Lengkeng Berbisa. Lengkeng atau klengkeng adalah tanaman yang biasa tumbuh dan berbuah didataran tinggi. Tapi dengan rekayasa genetika lengkeng dapat hidup dan berbuah pada dataran rendah dengan aplikasi pupuk lengkeng booster AG (saya pake LB amazing grow).

Saya punya sebatang pohon lengkeng yang bersasal dari biji yang didapat dari buah lengkeng yang dibeli ditoko buah. Sampai berumur 9 tahun lengkeng tak kunjung berbuah sementara tingginya sudah lebih kurang 5 meter. Cuma batang pohon tidak terlalu besar karena batang bercabang dua, sekira seukuran betis orang dewasa.

Setelah dapat informasi mengenai cara membuahkan lengkeng dataran rendah, saya pun memesan 1 paket lengkeng booster amazing grow. Dari hasil aplikasi LB AG, lengkeng sudah dapat dipanen dalam waktu 4,5-5bulan dari awal pemberian lengkeng booster.

Alhamdulillah, panen buah pertama lengkeng saya bisa mencapai 50kg terbukti dengan patahnya dahan utama akibat keberatan buah. Saya kurang tahu jenisnya; lengkeng diamond, lengkeng kristal atau lengkeng itoh yang jelas rasanya lebih manis dari buah lengkeng yang dijual ditoko buah. Setelah buah lengkeng dipanen dan dibagi-bagikan ketetangga sekompleks plus keluarga akhirnya pohon lengkeng saya pangkas ekstrem setelah membaca tulisan mas hervin ayo berkebun.

ulat daun lengkeng
Ulat Bulan Berbisa

Saat ini pohon lengkeng sudah kembali mengeluarkan dahan dan ranting yang lebih banyak dari sebelumnya begitu juga daunnya cukup lebat. Menurut mas hervin lengkeng dapat kembali diberi booster setelah 6 bulan pasca pangkas ekstrem. sedangkan lengkeng saya sudah 4 bulan.

Masalah yang terjadi saat ini yang tidak pernah terjadi sebelumnya adalah tanpa sengaja saya menemukan ulat yang cukup berbahaya pada daun lengkeng. Ceritanya begini ;

Kemarin sore, ketika saya sedang mengambil air untuk menyiram tanaman lainnya (kebetulan saya lagi nanam tomat thailand dan cabe di polybag) setelah bersenggolan dengan daun lengkeng yang menjulur ke bawah, tiba-tiba saya merasakan panas di sekitar jari kelingking dan jari manis seperti di sengat tawon (tabuhan).

Awalnya saya mengira ada tawon kecil bersarang di ranting yang rindang tersebut. setelah diselidiki ternyata tidak ada sarang tawon di sekitar area dahan yang saya curigai. Karena penasaran saya coba mengamati daun-daun lengkeng satu-persatu  dan akhirnya saya melihat sesosok tubuh yang agak melebar seperti lintah dengan bulu-bulu halus disekeliling tubuhnya yang dapat membuat bulu roma merinding bagi yang takut sama ulat bulu. hehehe..

ulat bulu daun lengkeng

Akhirnya ranting yang ada ulat bulu tadi saya patahkan dan saya coba mengamati lagi dan ketemu lagi 1 ekor ulat bulu, karena hari menjelang magrib pencarian saya hentikan dan ulat bulu tersebut saya keprok pake batu, tapi sebelumnya foto selfie dulu biar ada kenang-kenangan buat sobat tekno.

Saya gak tahu jenis ulat bulu tersebut karena seumur-umur baru kali ini menemukan jenis ulat bulu yang seperti ini. Bisanya itu lho sungguh ajib panasnya dan membuat area kulit yang bersentuhan dengan bulunya menjadi merah tapi anehnya tidak terjadi pembengkakan sebagaimana disengat tawon atau kena ulat bulu biasa. Padahal ketika mulai terasa panas menyut2 jari tangan langsung saya bilas dengan air kran.

panen lengkeng perdana

Setelah setengah jam, barulah efek bisa dari ulat bulu daun lengkeng berangsur berkurang. Saya pun segera menginformasikan pada anak dan istri agar tidak mendekati pohon lengkeng apalagi bermain di sekitarnya.

Hari ini saya menemukan lagi seekor ulat bulu aneh tersebut. seperti kemarin sebelum dikeprok ulat bulu saya ajak foto selfie dulu. wkwkwk. Mungkin sobat tekno pencinta tanaman lengkeng dapat berbagi pengalaman jika mengalami peristiwa serupa dengan saya. Ditunggu sharingnya dibawah ya..

Selanjutnya ; Biji Tomat Dalam Tahi Manusia Tumbuh di Rel Kereta  
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. TeknoRC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger