--> Ubah Blog1 Jadi Blog2 Mengatasi Blogger Errors | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Tuesday

Ubah Blog1 Jadi Blog2 Mengatasi Blogger Errors

| Tuesday
Ada apa dengan blogger? Sebuah pertanyaan yangs sedang mengemuka dikalangan blogging mania. Beberapa hari yang lalu kemungkinan besar blogger.com/blogspot.com melakukan perubahan struktur hosting blog tanpa pemberitahuan kepada blogger, maklumlah domain dan hosting gratis kok banyak maunya... terima seluruhnya atau tolak seluruhnya, begitu doktrin senior bergema.

Memang kita harus banyak bersyukur pada Tuhan karena mbah google siempunya blogger masih memberikan kita menuangkan ide dan karya tulis atau bahkan karya copas melalui platform blogger yang sampai saat ini sepenuhnya gratis.

Dan siapapun yang telah membuat email pada google akan diberikan berbagai fasilitas gratis seperti blogger (ajang menjadi citizen journalist), youtube (ajang menjadi video shooter dan kameramen), google plus (media sosial), google drive (sejenis icloud tempat penyimpanan file di internet), email (surel) dan bahkan uangpun bisa diperoleh dengan gratis melalui adsense (menjadi penayang iklan).


Karena telah banyak fasilitas gratis itulah makanya kita anggap sebagai bagian dinamika dunia maya. Mengenai eror yang terjadi pada platform blogger berdampak sangat buruk bagi SEO sebuah blog dan hal ini terbukti pada blog tekno rc yang kembali mengalami duplicate title tag gak tanggung-tanggung langsung 154 buah ketika editing template tidak bisa disave lagi, sehari kemarin.

Belum lagi posisi SERP postingan yang langsung melorot dari no.1 di halaman 1 mesin pencari google mejadi terlempar ke undakan 5 walau masih di page 1 dan kalau masalah eror template blog tidak segera di atasi maka blog kita akan segera lenyap dari halaman 1-10 google search.

Nah, sobat tekno tahu sendirikan jika SERP postingan sudah terlempar jauh, maka otomatis visitor blog pun akan menyusut drastis, dan yang akan tetap berkunjung mungkin hanya visitor lama yag sudah kecantol dan hafal dengan url blog kita.

Sebagai contoh blog yang mengalami dampak dari error blogger 2015 adalah blog ini. Dimana kejadiannya baru saja 1 malam berlalu. Waktu itu saya melakukan edit di bagian html template tepatnya hanya memindahkan/mengganti script iklan yang biasa muncul dalam postingan. Awalnya lancar jaya tapi ketika saya mau save template keluar terus peringatan dibagian atas, bahwa perubahan belum disimpan dan akan hilang, lanjut atau kembali.

Berulang-ulang saya pencet itu tombol save tapi berulang juga muncul peringatan tersebut. Akhirnya saya abaikan dan keluar dari edit template. Ketika saya buka halaman posting, iklan tidak muncul ditambah tombol berbagi dan artikel terkait semua menghilang lebih shock lagi ketika buka home page ternyata semua sudah berubah seperti kapal pecah alias tampilan blog jadi amburadul, auto readmore dan hiasan warna css tidak ada lagi.

Semalaman itu saya jadi pusing memikirkan cara untuk mengembalikan tampilan template blog tekno rc seperti semula, seperti mengupload backup template tapi tetap saja tidak berhasil. Coba mencari di search engine tetap saja nihil karena mungki belum ada yang membahasnya.

Hari ini kembali saya mengobok-ngobok mesin pencari google dan Alhamdulillah bertemu dengan postingannya blog arlina design yang berjudul Tampilan Blog berantakan ini solusinya. Setelah saya baca petunjuknya ternyata sangat kompleks bahkan seperti terlihat melakukan editing separo dari struktur template, saya jadi ragu untuk mencobanya.

Tapi dengan berbekal rasa penasaran dan daripada hanya diam menunggu perubahan akhirnya saya coba juga tips dari blog tersebut setelah membaca salah satu komentar blogger lain dan ternyata caranya tidaklah sekompleks yang dituliskan (terimakasih untuk arlina design yang sudah susah payah membuat tutorialnya).

Saya berhasil mengembalikan tampilan template blog ini seperti semula hanya dengan merubah sedikit kata dalam edit HTML template yaitu ; Blog1 menjadi Blog2.

Bagaimana cara lengkapnya ? silakan dilanjut di postingan ini : Soslusi Tampilan Blog Kacau Karena Blogger Error

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims