--> Solusi Pompa Air Hidup Tapi Air Tidak Naik | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Thursday

Solusi Pompa Air Hidup Tapi Air Tidak Naik

| Thursday
Berbicara maslah pompa air lagi kita sobat tekno. Sebelumnya kita sudah membahas tentang pompa air yang tiba-tiba mati saat digunakan. Seperti kita ketahui merk pompa air sudah sangat banyak beredar saat ini yang berasal dari produk berbagai negara, mulai dari produk jepang, kore, amerika sampai china. Dan salah satunya yang menjadi ikon pengganti sebutan pompa air / dap adalah sanyo.

Seperti motor, dibeberapa daerah orang menyebut motor sebagai honda. Padahal kita tahu honda adalah sebuah merek dagang. Tapi begitulah pengistilahan yang melekat di benak orng indonesia. Apabila suatu merek sudah merakyat, maka orang akan menyebutnya seperti itu meskipun nama yang disebutkan bukan untuk merek tertentu.

Baiklah kembali kita membahas lika liku pompa air berdasarkan pengalaman saya sendiri. Pompa air sangat terasa manfaatnya saat rumah kita belum dialiri air PAM, seperti komplek perumahan yang baru dihuni, dimana developer hanya menyediakan sebuah sumur gali sebagai sumber air utama untuk sebuah rumah.


Parahnya jika komplek perumahan baru tersebut belum dipasang instalasi dan arus listrik PLN, maka sudah dapat dipastikan penghuni rumah baru tersebut harus melakukan fitness rutin setiap akan mandi pagi dan sore, fitnes dengan peralatan timba dan tali.

Jika sudah ada listrik maka kebanyakan penghuni komplek tersebut memasang sanyo atau pompa air atau malah membuat sumur bor untuk alternatif pengganti fungsi PDAM. Sebagaimana barang yang rutin digunakan, dalama masa setahun 2 tahun tentu tidak akan terjadi masalah jika kita menggunakannya dengan baik. Tapi setelah bertahun-tahun dipakai sebaik apapun, biasanya pompa air akan mulai bertingkah.

Salah satu contoh kenakalan pompa air adalah mati mendadak saat dipakai untuk memompa air ke dalam bak mandi, permasalahan ini sudah pernah kita bahas pada postingan terdahulu. Nah permasalahan lainnya yang sering dialami adalah pompa air tidak bisa menaikkan air lagi meski sudah dihidupkan beberapa menit.

Jangan cepat panik dan mengira sanyo sobat telah rusak, belum. Mungkin dia butuh sedikit sentuhan karena telah bertahun-tahun memompa airr untuk sobat. Untuk mengatasinya sobat hanya butuh sebatang lidi atau secangkir air bersih. Nah kok malah secangkir air? Iya secangkir air sebagai pancingan yang harus sobat masukkan kedalam lubang dimesin sanyo sebesar koin seribu yang diatasnya ada sekrup yang bisa diputar pakai tangan.

Langkah-langkahnya Mengatasi pompa air ngadat adalah ;

1. Ketika sobat menghidupkan pompa air tapi tidak mengeluarkan apapun hanya bunyi mesin seperti biasa, cobalah sobat buka sekrup pada pompa air dan tuangkan air dicangkir tadi agak setengahnya saja (posisi mesin dalam keadaan hidup) (lihat gambar diatas).

2. Segera tutup kembali lobang pancingan air tersebut dan tunggu beberapa menit, biasanya air akan mengalir, ditandai dengan suara mesin sanyo yang agak berat dari sebelumnya.

3. Jika air belum juga naik setelah 3 menit coba lagi isi lobang pancingan dengan segelas penuh air atau lebih banyak, tapi hati-hati. Sobat harus peka membedakan bising mesin pompa air ketika air masih tidak naik dan ketika air mulai naik, meski belum sampai di atas. Kalau sobat tidak jeli merasakan beda suaranya maka-siap siap saja kena sembur dari lobang pancingan tadi...wkwkwk muncrat, basah deh..

Permasalahan ini biasanya akan berulang jika musim kemarau telah melanda, sehingga stok air tanah menjadi surut yang mengakibatkan tekanannya untuk naik menjadi loyo. penyebab lainnya adalah karena ada salah satu sambungan pipa yang masuk angin alias tidak erat.

Nah, begitu saja cara mudah memperbaiki pompa air sendiri yang tidak mengeluarkan air meski mesin pompa hidup. semoga bermanfaat.

Related Posts

1 comment:

  1. dari kemarin aq coba smua yg ada di petunjuk spi ganti semua tp air belum mau keluar,yg ada air pancingan turun ke bawah

    ReplyDelete

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims