--> Pilih WC Duduk atau WC Jongkok Untuk BAB | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Wednesday

Pilih WC Duduk atau WC Jongkok Untuk BAB

| Wednesday
Kebanyakan orang merasa jijik untuk membahas tempat nongkrong yang satu ini. Apa itu ? Toilet. WC adalah singkatan dari istilah water closed alias toilet yang berfungsi untuk tempat pembuangan hasil sisa percernaan dalam lambung. Pada awalnya orang biasa boker atau modol di kebun sehingga di sunda dikenal dengan istilah dolbon ; modol dikebon. atau membuang hajat ke DAS (daerah aliran sungai) baik dikampung atau di kota.

Sebagaimana fitrah manusia, kita sebenarnya biasa membuang hajat dengan posisi jongkok, karena dengan posisi inilah proses pengeluaran sisa olahan lambung dapat keluar dengan sempurna. Seiring dengan modernisasi penggunaan wc jongkok menjadi tergeser oleh pendatang dari luar negeri, yaitu wc duduk.

Salah satu contoh nyata tergusurnya wc jongkok adalah dipusat-pusat keramaian, seperti mall dan hotel, apalagi hotel berbintang, sobat tekno dapat dipastikan tidak akan menjumpai wc duduk di lokasi tersebut. Tergusurnya WC jongkok juga telah merambah stasiun, seperti bandara dan stasiun kereta, meski masih ada dijumpai tapi berangsurangsur telah dikurangi dan diganti dengan wc duduk.


Bahkan beberapa rumah tinggalpun telah mengganti wc biasa menjadi wc duduk lengkap dengan bathroom pakai shower seperti suasana kamar mandi hotel. Memang penggunaan wc duduk mempunyai beberapa kemudahan yaitu bagi orang gemuk, dimana orang gemuk akan kesulitan untuk melakukan posisi jongkok karena mereka akan terjerembab kedepan atau kebelakang karena bobot tubuhnya yang jumbo.

Tapi bagi kita manusia yang mempunyai postur yang ideal atau kurus, maka saya rasa pilihan terbaik untuk buang air besar (BAB) adalah melalui WC jongkok karena akan memudahkan kita untuk ngeden apabila pembuangan agak keras.

Berdasarkan pengalaman menggunakan wc jongkok dan wc duduk, saya lebih merasa nyaman untuk buang hajat menggunakan wc biasa. Terkadang karena kebiasaan tersebut orang-orang yang biasa pakai wc jongkok dan terpaksa menggunakan wc duduk mereka tetap melakukan ritual pembersihan ini dengan posisi jongkok, padahal prilaku ini sangat berbahaya.

Pernah kita baca bagaimana berbahayanya menggunakan wc duduk dengan posisi jongkok, dimana dialami oleh seorang wanita (kalo gak salah di china) yang akibatnya wc duduk tersebut menjadi pecah sehingga paha wanita tersebut menjadi terbelah sangat lebar hiii..ngilu dan nyeri membayangkannya apalagi sobat tekno pernah melihat fotonya.

Kejadian tersebut akibat malfunction dari wc duduk yang salah cara penggunaannya, seperti kita ketahui bahan dasar dari wc adalah keramik atau porselen berongga, sehingga bila diberi beban berlebih pada satu titik maka tidak akan kuat menahan beban hingga akhirnya pecah.

Peristiwa itu dapat kita jadikan pelajaran untuk terus berhati-hati dan menggunakan segala sesuatu sesuai dengan petunjuk pemakaian.

Masalah pilih wc biasa atau wc duduk bukan cuma soal nyaman atau tidak, tapi ternyata penggunaan wc duduk untuk buang hajat juga tidak baik bagi kesehatan dan malah menjadi penyebab beberapa penyakit serius.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims