--> 5 Cara Mudah Merawat Motor Matik Agar Irit | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Monday

5 Cara Mudah Merawat Motor Matik Agar Irit

| Monday
Merawat Motor metic sebenarnya gampang lho. Ikutin cara perawatannya dan lakukan dengan hati yang ikhlas. Motor rasanya kayak punya perasaan lho, kalau tidak dirawat bisa-bisa ngambek itu motor tidak mau di pake. Motor buat bintang itu soulmate, kalau tidak ada motor mau kemana-mana susah naik angkutan umum yang belum tentu nganterin sampai tempat tujuan.

Dulu pernah sangking tidak ada waktunya buat servisin si xeon,(padahal orang bengkel hehehe ) maklum harusnya sebulan sekali service buat di cek apa saja yang kurang enak di betulin l, terus di cuci pula. Tidak diservis langsung ngambek itu xeon dibuat jalan bunyinya udah ngereng kalau kata orang jawa "ngreng.....ngreng......ngreng". Seandainya xeon bisa bicara, pasti bilang gini yaa :

"Aku kok tidak kamu rawat yang bener seh. Padahal kemana saja kamu minta, aku pasti anterin kamu,mau panas terik, gerimis mengundang,dan hujan badai aku selalu sama kamu. Aku setia sama kamu, tapi kenapa kamu jahat sama aku? Rawatlah aku dong biar kinclong berjalan di atas karpet yang panas itu"

Semenjak itu rajin merawat si xeon ala standart hehehehehe... Ayuk mari kita rawat barang yang kita miliki, karena untuk dapet barang yang diinginkan tak semudah yang dikira dan merawatnya ituh kadang terlupakan. nih mau bagi2 tips bukan sembako ya

5 Cara Praktis Merawat Motor Matic :

1. Rajin dimandiin motor metik nya. Kurang lebih satu minggu sekali. Biar kotoran yang menempel di tubuh motor dapat hilang, dan tidak menimbulkan kerak yang membuat besi di motor jadi lebih aus. . Apalagi kalau habis kehujanan lebih baik segera di siram sama air biasa yang biasa di pakai mandi, karena kalau terlalu sering terkena air hujam yang kadar asamnya tinggi membuat motor cepet kropos .

2. Di jagang (bahasa belanda) tengah kalau istirahat mtor dalam jangka lama. Membuat motor lebih awet, karena motor yang sering dijagang (standar) tengah lebih stabil. Untuk motor merek Honda yang punya standart samping yang langsung mati kalau di turunkan membuat kesensitifannya berkurang jika terlama di istirahatkan dengan keadaan kesamping jagang nya.

3. Stater Kaki dipagi hari. Kenapa pagi hari harus distater kaki? Karena pagi hari di stater kaki membuat aki tidak bekerja terlalu 'berat' dan usahakan lampu sein atau lampu dim dimatikan saat stater. Membuat mesin lebih bersih dengan adanya tekanan dipagi hari.

4. Service rutin. Untuk service, biasanya sudah terjadwal satu bulan sekali untuk pengecekan kendaraan. Pengecekan kondisi angin di ban, knalpot, oli. oli garda, lampu harus di cek. Untuk oli, dan oli garda apakah harus di ganti? Kalau oli garda biasanya sekitar 25.000km baru ganti, kalau oli biasanya untuk motor kalau sudah tidak enak yaa diganti. Untuk Belt nya matic juga harus di perhatikan 25.000km harus di semprot bahan pelumas khusus belting,

5. Menggunakan Oli khusus Matic. Oli yang digunakan khusus yang matic yaa. Berbagai macam merek sekarang oli khusus matic sudah tersedia tinggal pilih yang sesuai kebutuhan dan kepercayaan. Pilih yang terbaik untuk oli motor anda.

Motor buat bintang ituh everything, yang jelas motor itu setia setiap saat dibutuhkan selalu ada
Bukan maksud sombong tapi perjuangannya mendapatkan sesuatu barang itu tidak mudah dan merawatnya kadang terlupakan.

Semuga bermanfaat yaa, ini cara merawat motor matic yang bintang biasanya lakuin.
Ini caraku, cara kamu gimana? (bintan mmc/fb)

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims