--> Pesona Bunga Raflesia, Keindahan Yang Tersembunyi | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Wednesday

Pesona Bunga Raflesia, Keindahan Yang Tersembunyi

| Wednesday
Bunga Raflesia Agam, kadang orang menyebutnya sebagai bunga bangkai, karena seringkali bunga ini dikerubuti oleh lalat hijau. Tapi berdasarkan pengamatan saya, mungkin lebih tepat disebut sebagai bunga bangkai adalah bunga yang berada di bengkulu. Sedangkan bunga raflesia ini mempunyai bentuk dan kelopak yang berbeda dengan bunga bangkai yang apabila mekar mencapai tinggi hingga 2 meter.

Bunga Raflesia arnoldi khas Batang Palupuh, Kabupaten Agam sumatera barat (sumbar) mempunyai ciri seperti tumbung kelapa saat pertama kali muncul, baik dari dalam tanah maupun dari pohon kayu yang telah mati pada habitatnya di sekitar hutan bukit di desa batang palupuh.

Setelah beberapa minggu, pokok bunga raflesia yang seperti tumbung kelapa perlahan-lahan akan mekar sampai sempurna dengan kelopak bunga berwarna merah maron bertotol-totol yang berjumlah 5 buah dan membentuk sebuah lobang di tengah pokoknya. Setelah mekar sempurna selama beberapa hari bunga raflesia perlahan-lahan mulai menghitam sampai akhirnya layu dan mati.

Pesona tersembunyi dari bunga raflesia agam ini lebih banyak mengundang turis asing daripada turis lokal. Ntah karena promosi wisata lokal kurang digalakkan pemerintah daerah disana. Sehingga setiap musim mekar bunga raflesia (bungo kambang) biasanya 2 kali setahun terutama saat hari raya Idul Fitri maka berbondong-bondong wisman mendatanginya yang dipandu oleh guide lokal.

Sambutan penduduk lokal di desa batang palupuh yang kehidupan sehari-harinya adalah bertani dan beternak sangat terbuka alias welcome terhadap kedatangan pelancong yang akan menyaksikan keindahan bunga desa asli batang palupuh, ditandai dengan tidak adanya pungli uang parkir atau uang masuk ke lokasi bunga raflesia yang sedang mekar apalagi permintaan berfoto polaroid.

bakal bunga raflesia agam
Kondisi medan yang akan dilalui menuju bunga raflesia dihitung dari titik pemberhentian mobil terakhir adalah sekitar 500 meter, sehingga setiap pengunjung harus berjalan kaki melewati pinggiran sungai dan sawah terus menyusuri tepi bukit.

Raflesia agam sedang mekar
Jika beruntung, kita akan dapat menjumpai bunga raflesia arnoldi yang sedang mekar di kaki bukit namun jika tidak maka sobat harus mengitari lambung bukit untuk mencapai lokasi bunga yang mekar. Namun bagi yang hobi traveling petualangan alam maka perjalanan ini sangat mengasikkan

Raflesia mekar sempurna
Bunga raflesia ini termasuk bunga langka yang tidak tumbuh di sembarang tempat. Pernah pemuda setempat bercerita bahwa mereka mencoba memindahkan bunga raflesia yang masih berwujud tumbung kelapa ketempat yang lebih mudah dijangkau, namun gagal karena akhirnya bakal bunga tersebut mati sebelum sempat tumbuh.

Raflesia mati
Nah, Bagi sobat yang merasa tertarik dan berminat melakukan traveling wisata alam, lokasi raflesia palupuh agam dapat dijadikan salah satu tujuan sambil menikmati suasana pedesaan yang masih asli dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata dan pikiran.

Baca Juga ; Misteri Surga Dunia di Tanah Papua

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims