--> Tips Membuat Makanan Kucing Peliharaan Dari Kotoran Ikan | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Monday

Tips Membuat Makanan Kucing Peliharaan Dari Kotoran Ikan

| Monday
Memelihara kucing dirumah perlu memperhatikan banyak hal, seperti makanan dan perawatannya. Secara alami kucing dapat mencari makan sendiri berupa serangga kecil, tikus atau burung liar. Namun karena padatnya lingkungan kompleks perumahan seringkali kucing rumah tidak dapat mencukupi kebutuhan pokoknya tersebut.

Bagi sobat yang hobi memelihara kucing peranakan, seperti kucing anggora atau kucing persia tentu telah mempersiapkan segala biaya untuk biantang kesayangan tersebut.

Makanan kucing peranakan lebih mahal dari makanan kucing kampung atau kucing rumah dan hanya tersedia disupermarket dengan merek dan harga yang beragam, seperti wishkas. Karena kalau kucing peranakan diberi makan sembarangan maka bulu-bulunya yang lebat dan halus akan rontok dengan sendirinya dan kesehatannya akan terganggu.

Perawatan kucing persia tidak cukup hanya dengan memberi makanan yang mencukupi kandungan nutrisi dan gizi yang berimbang juga membutuhkan shampoo khusus untuk perawatan bulu-bulunya yang bagus. Karena itu kucing anggora atau persia perlu dimandikan dalam jangka waktu tertentu. misalnya dua kali seminggu.


Semua itu masih belum cukup, harus ditambah lagi dengan wadah tempat buang hajat bagi hewan mamalia ini jika tidak ingin pojok ruangan rumah anda dipenuhi kotoran kucing. Masih ada lagi, jangan lupa sediakan sangkar yang berfungsi sebagai kandang bagi kucing jika tidak ingin kucing persia sobat di sikat maling.

Kenapa kucing persia harus dimasukkan kandang ? bukankah kucing adalah binatang rumahan yang biasa berkeliaran bebas? Hehe..moso gak tahu sih kan kucing persia atau anggora ini harganya mahal berkisar jutaan rupiah, tentu saja menjadi daya tarik tersendiri buat penyayang kucing yang tak mampu membelinya maupun maling.

Kita kembali ke fokus membicarakan makanan kucing kampung atau kucing asli Indonesia. Makanan kucing rumah alami lainnya adalah kotoran ikan. Yang saya maksud bukan kotoran yang keluar dari anus ikan, tapi insang dan segala isi perut ikan yang telah dikeluarkan oleh istri saat membersihkan ikan yang akan dimasak untuk lauk.

Semua juga tahu kalo kucing sangat menyukai ikan tapi bukan itu maksudnya. Jangan memberikan kotoran atau ikan mentah pada kucing kalau sobat tidak mau mengepel lantai rumah karena muntah kucing yang berceceran dimana-mana.

Biasanya kucing akan muntah jika diberikan ikan mentah, apalagi tidak terbiasa. Makanya ibu-ibu akan langsung membuang kotoran ikan begitu selesai membersihkan ikan yang akan dimasak. Nah mulai sekarang kotoran ikannya jangan dibuang atau diberikan langsung tapi kita olah sedikit agar menjadi makanan kucing yang siap saji.


Persiapan; Siapkan kotoran ikan dan wadah yang akan dipakai untuk merebusnya. Wadah tidak perlu besar cukup sediakan kaleng bekas kornet untuk merebusnya. Caranya Tambahkan sedikit air sampai menggenangi permukaan adonan, kemudian rebus dengan api kecil sampai kering tapi jangan sampai gosong.

Cara penyajian ; Campurkan 2 sdm racikan ikan yang telah matang tadi dengan setengah piring nasi kemudian aduk secara merata dan suguhkan pada kucing rumah sobat. Selamat menikmati

Mengenai Perawatan tambahan, kucing kampung/rumah juga perlu dimandikan sekali sebulan dengan sabun cair atau shampo keramas yang biasa sobat pakai agar bulunya bersih dan halus. dan kalau mau kucing rumah bulunya agak tebal dapat juga diberi makanan sachet khusus kucing yang biasa dimakan kucing persia. hehe..tapi harganya cukup menguras dompet.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims