--> Cara Tepat Memilih Ban Mobil dan Motor | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Sunday

Cara Tepat Memilih Ban Mobil dan Motor

| Sunday
Beli Ban Mobil jangan hanya melihat merek dan gaya saja seperti ban radial, tapi ada hal-hal penting yang sering terabaikan oleh pemilik mobil sehingga kesesuaian jenis ban dengan medan yang akan dilewatinya bisa menjadi kurang pas.

Siapa menolak bahwa ban menjadi salah satu bagian terpenting pada kendaraan, baik mobil atau motor, bahkan tidak sedikit pengendara mengakhiri hidupnya karena salah memilih ban kendaraannya serta jauh melenceng dari spek standar pabrikan, yang berakibatk rawan kecelakaan ketika kondisi jalan dalam keaadan tidak stabil.

Sering kita lihat dijalanan mobil atau motor hasil modif yang menggunakan ban jauh dari standar yang disyaratkan pada kendaraan tersebut seperti terlalu lebar melebihi body kendaraan atau bahkan bsn motor terlalu kecil yang terlihat seperti menggunakan ban sepeda, belum lagi body per mobil atau motor yang dipotong sehingga kendaraan menjadi ceper


Lalu bagaimana cara cermat dan tepat dalam memilih ban yang murah tapi berkualitas? Ada beberapa tips sederhana dalam memilih ban untuk mobil kesayangan Anda yang disadur dari detikoto. "Di dinding ban itu sudah terdapat informasi yang lengkap terhadap tipe ban tersebut. Sehingga setiap pengendara dengan mudah mengetahui jenis ban tertentu. Dan tinggal disesuaikan dengan yang diinginkan.

Nah mau tahu bagaimana tips sederhana memilih ban? mari kita simak penjelasannya ;

1. Konstruksi Ban
Sebelum Anda mengganti ban, ada baiknya terlebih dahulu memahami ban yang akan dipilih. Apakah Anda akan memilih ban Radial atau ban bias? Dimana yang jadi perbedaannya ada pada konstruksi didalam ban tersebut, Dimana setiap pabrikan memiliki dapur atau racikan yang berbeda. Mau tahu lebih jelas perbedaaan antara ban radial dan bias ? silakan anda tanyakan pada distributor ban.

2. Diameter rim atau pelek.
Lihatlah terlebih dahulu pelek yang Anda gunakan, terutama pada diameter yang dimiliki. Lalu pastikan ban akan Anda pilih telah sesuai dengan yang ukuran pelek. Karena pemilihan ban yang tidak pas juga bisa membuat mobil Anda semakin lambat dan bisa membuat mobil akan semakin boros.

3. Perhatikan kemampuan ban
Setiap ban pasti memiliki kemampuan mengangkat beban. Tapi bisa dipastikan setiap ban memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Jangan khawatir, setiap pabrikan selalu memberitahukan berapa maksimal beban yang mampu diangkat oleh ban tersebut. Misalnya ban yang anda pilih menunjukkan mampu menahan beban 82 kilogram, maka dengan mudah menghitungnya.

Hanya tinggal mengkalinya 82 kilogram dikali 4 (karena ban mobil ada 4), jumlah itu disamakan dengan bobot kendaraan, apakah ban dengan kekuatan 82 kilogram cocok atau tidak dengan mobil Anda. Tidak berhenti sampai disitu, Anda juga harus tetap menjumlahkan dengan pengendara dan penumpang didalamnya. Sehingga Anda bisa menentukan apakah ban yang akan Anda pilih telah cocok atau tidak untuk digunakan

4. Alur desain ban
Sebelum Anda gaya-gayaan menggunakan ban terbaik menurut Anda. Anda juga harus benar-benar mengetahui apakah desain yang Anda pilih telah sesuai dengan yang Anda harapkan.

Misalnya disaat anda memilih desain yang sejalur, jelas ban ini akan menjadi pilihan yang tepat disaat hujan. Nah untuk lebih jelasnya Anda juga bisa langsung bertanya kepada penjual akan kelebihan desain ban yang telah Anda pilih.

Nah, bila selama ini masbro mengganti ban yang telah aus, hanya bermodal merek dan gaya, mulai saat ini masbro sudah mempunyai pengetahuan sederhana dalam membeli ban kendaraan, baik mobil atau motor. Penting untuk diingat faktor keselamatan selama berkendara adalah hal utama di atas merek atau gaya keren hasil pujian orang. save your self and family.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims